KEPEMIMPINAN KUNCI KEBERHASILAN KEPALA SEKOLAH



BAB I

PENDAHULUAN

A.Latar Belakang

Sekolah adalah lembaga yang bersifat kompleks dan unik,bersifat kompleks karena sekolah sebagai organisasi di dalamnya terdapat berbagai dimensi yang satu sama lain saling berkaitan,sedangkan sifat unik menunjukkan bahwa sekolah sebagai organisasi yang memiliki ciri-ciri tertentu yang tidak dimiliki oleh organisasi lain.Ciri-ciri yang menempatkan sekolah memiliki karater tersendiri,dimana terjadi proses belajar mengajar,tempat terselenggara nya pembudayaan kehidupan manusia.

Karena sifatnya yang kompleks dan unik tersebutlah,sekolah sebagai organisasi memerlukan tingkat koordinasi yang tinggi.Keberhasilan sekolah adalah keberhasilan kepala sekolah.Kepala sekolah akan berhasil bila mereka memahami keberadaan sekolah sebagai organisasi yang kompleks dan unik,serta mampu melaksanakan peranan sekolah sebagai seseorang yang diberi tanggung jawab untuk memimpin sekolah.

Sebagai mana dijelaskan oleh Ordway Tread dalam bukunya yang berjudul The Adt Of Leadership:”Kepemimpinan adalah suatu kegiatan yang berupaya mempengaruhi orang untuk bekerja sama guna pencapaian tujuan”.Kemudian juga di terangkan oleh Koontz O Donnel dan Weihrich,didalam bukunya yang berjudul Management,yakni “Kepemimpinan secara umum merupakan pengaruh seni atau proses mempengaruhi orang lain,sehingga mereka dengan penuh kemauan berusaha kearah tercapainya tujuan organisasi.[wahjusumidjo 2002:103]

Dari dua pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwah kepemimpinan adalah adanya seorang yang didalam dirinya memiliki kemampuan untuk menggerakkan,mengarahkan dan mempengaruhi orang lain,untuk bertindak sesuai dengan yang dikehendaki oleh oarang yang menggerakkannya untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

Dari beberapa informasi yang penulis peroleh,kebanyakan kepala sekolah yang tidak berhasil,baik dalam bidang kesiswaan maupun relasi dengan guru,setelah diamati ternyata ketidak berhasilan kepala sekolah tersebut lebih disebabakan oleh kekurang ahlian kepala sekolah dalam bidang kepemimpinan di sekolah tersebut,sehingga terjadi kerancuan dalam praktenya dilapangan.Wibawa kepala sekolah jatuh sehingga guru-guru dan siswa kurang menghargai kepala sekolah akibatnya tujuan yang ingin dicapai tidak terlaksana

Maka oleh karena sangat pentingya jiwa kepemimpinan bagi kepala sekolah demi mencapai kesuksesan,maka penulis sangat tertarik mengupasnya didalam makalah ini yang penulis beri judul dengan “KEPEMIMPINAN KUNCI KEBERHASILAN KEPALA SEKOLAH .”

B.Tujuan Penulisan

Adapun tujuan penulisan makalah ini adalah :

  • Untuk mengetahui konsep dasar dan fungsi serta tipe-tipe kepemimpinan
  • Untuk mengetahui apakah kepala sekolah itu,tugas serta syarat-syarat menjadi kepala sekolah.

C.Kegunaan Penulisan

Kegunaan dalam penulisan makalah ini adalah sebagai bahan masukan bagi kepala sekolah dalam memimpin suatu sekolah,agar para kepala sekolah mengetahui betapa besarnya peranan kepemimpinan dalam meraih sukses di sekolah yang mereka pimpin.

BAB II

LANDASAN TEORI

Pada bagian ini akan dijelasakan,beberapa konsep dasar mengenai kepemimpinan dan kepala sekolah.Berikut penulis kemukakan beberapa teori tentang kepemimpinan dan kepala sekolah.

A.Defenisi Kepemimpinan

Nawawi [1988:47]

  • Kepemimpinan adalah proses menggerakkan,membimbing,mempengaruhi atau mengawasi pikiran,perasaan,tindakan dan tingkah laku dari seseorang.
  • Kepemimpinana adalah tindakan atau perbuatan diantara persaingan dalam kelompok yang menyebabkan baik orang atau kelompok bergerak kearah tujuan.

Selanjutnya diperkuat oleh Soewarso [1984:3]

Kepemimpinan adalah suatu cara atau seni seseorang guna menggerakkan dan mengendalikan orang lain yang bergabung dalam suatu bentuk kerja sama atau suatu organisasi untuk menuju tujuan yang efektif.

Selanjutnya oleh Daniel Kathz dan Robert L Khan,mendefenisikan tiga komponen utama kepemimpinan

  • Suatu perlengkapan dari suatu kantor / kedudukan
  • Suatu karakteristik seseorang
  • Suatu kategori prilaku nyata.

Dari tiga pengertiantentang kepemimpinan yang dikemukakan oleh para ahli diatas,penulis menyimpulkan bahwa kepemimpinan adalah adanya seseorang yang didalam dirinya memiliki kemampuan untuk menggerakkan,mengarahakan dan mempengaruhi orang lain yaitu orang –orang yang dipimpinnya,sehingga orang-orang yang dipimpinnya itu berbuat dan bertindak sesuai dengan yang dikehendaki oleh orang yang menggerakkannya untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

B.Fungsi dan Tanggung Jawab Seorang Pemimpin

Tujuan kepemimpinan adalah agar setiap kegiatan yang dilaksanakan dapat berjalan dengan lancar secara efektif dan efisien demi tujuan yang ingin dicapai,oleh karena itu kepemimpinan mempunyai beberapa fungsi yaitu :

  • Sebagai Pelaksana [ executive]

Pemimpin tidak boleh memaksakan kehendaknya terhadap kelompok,tapi ia harus berusaha memenuhi kehendak dan kebutuhan kelompoknya.

  • Sebagai Perencana [ planer ]

Pemimpin yang baik harus pandai membuat dan menyusun perencanaan,sehingga segala sesuatu yang diperbuatnya penuh perhitungan dan punya tujuan.

  • Sebagai seorang ahli [ expert ]

Ia harus mempunyai keahlian,terutama keahlian yang berhubungan dengan tugas jabatan kepemimpinan yang dipegananya.

  • Mewakili kelompok dalam tindakannya keluar [ external group representative ]

Ia harus menyadari baik buruk tindakannya diluar kelompok mencerminkan baik buruk kelompk yang dipimpinnya.

  • Mengawasi hubungan antar anggota kelompok [controller of internal relationship.

Menjaga jangan sampai terjadi perselisihan dan selalu menjaga hubungan anggota agar tetap harmonis.

  • Bertindak sebagai wasit dan penengah [arbitrator and mediator ]

Dalam menyelesaikan perselisihan pemimpin harus tegas dan tidak boleh pilih kasih.

  • Merupakan lambang dari kelompok [ symbol of the group ]

Baik atau buruknya kelompok tercermin pada dirinya karena dia adalah lambang kelompok.

  • Sebagai pencipta atau memiliki cita-cita [ Idiologist ]

Pemimpinharus mempunyai konsepsi yang baik dan realistis,sehingga dalam menjalankan kepemimpinan mempunyai garis yang tegas menuju arah yang di cita-citakan.

  • Bertindak sebagai seorang ayah [ father figure ]

Tindakan pemimpin terhadap bawahan hendaknya dicerminkan seperti tindakan ayah kepada anak-anaknya.

  • Merupakan bagian dari kelompok [ exemplar ]

Pemimpin bukanlah orang yang tinggi dari kelompoknya tapi dia merupakan bagian dari kelompoknya,segala tindakannya harus demi kemajuan kelompknya.

  • Pemegang tanggung jawab para anggota kelomponya [ surrogate for individual responsibility ]

Jika kita teliti semua tugas pemimpin di atas,tepat kiranya apa yang dikemukakan oleh bapak pendidikan kita Ki Hadjar Dewantara,pemimpin yang baik harus menjalankan perannya sebagai berikut :

1. ing ngarso asung tulodo

2. ing madyo mangun karso dan

3. ing { tut } wuri handayani.

Menurut Hick ada delapan rangkaian peranan seorang pemimpin [ leader ship ] yaitu adil,memberikan sugesti,mendukung tercapainya tujuan,sebagai katalisator,menciptakan rasa aman,sebagai wakil organisasi,sumber inspirasi dan bersedia menghargai.

C.Tipe – Tipe Kepemimpinan

Karena judul makalah ini adalah Kepemimpinan Kunci Keberhasilan Kepala Sekolah,maka dalam pembahasan tentang kepemimpinan lebih [penullis arahkan kepada kepemimpinan dalam pendidikan.Adapun tipe-tipe kepemimpinan dalam pendidikan adalah :

1. Otokratis

2. Laises Faire

3. Demokratis

1.Kepemimpinan yang Otokratis

Dalam kepemimpinan yang otokratis,pemimpin bertindak sebagai dictator terhadap anggota kelompoknya,baginya memimpin adalah menggerakkan dan memaksa kelompok.Penafsiran sebagai pemimpin tidak lain adalah menunjukkan dan memberi perintah,kewajiban bawahan adalah mengikuti dan menjalankan tidak boleh membantah.

2.Kepemimpinan yang Laises Faire

Dalam tipe ini,sebenarnya pemimoin tidak memberikan pimpinan,tipe ini diartikan sebagai membiarkan orang – orang yang dipimpinnya berbuat sekehendaknya,pemimpin tidak memberikan kontrol dan koreksi terhadap pekerjaan yang dilakukan bawahannya.Dalam tipe kepemimpinan ini biasanya tidak ada organisasi,segala kegiatan dilakukan tanpa rencana dan tanpa pengawasan dan pimpinan.

3.Kepemimpinan Yang Demokrasi

Pemimpin yang demokratis,menafsirkan kepemimpinannya bukan sebagai dictator,melainkan sebagai pemimpin di tengah –tengah anggota kelompoknya,ia selalu berusaha menstimulis anggota-anggotanya untuk bekerja secara kooperatif untuk mencapai tujuan bersama,dalam melaksanakan tugasnya,ia mau menerima saran dan kritik dari bawahannya,pemimpin yang demokratis senantiasa berusaha memupuk rasa kekeluargaan dan persatuan dengan bawahannya.

D.Defenisi Kepala Sekolah

Kepala sekolah merupakan gabungan dari dua buah kata yaitu,kepala dan sekolah,kata kepala dapat diartikan ketua dalam suatu organisasi atau sebuah lembaga,sedangkan sekolah diartikan sebuah lembaga diman terjadai interaksi antara guru dan murid dalam artian merupakan tempat menerima dan memberikan pelajaran.

Dengan demikian secara sederhana kepala sekolah dapat diartikan sebagai seorang tenaga fungsional guru yang diberi tugas untuk memimpin suatu sekolah,dimana diselenggarakan proses belajar mengajar atau tempat dimana terjadi interaksi antar guru yang memberikan pelajaran dengan murid yang menerima pelajaran.[Wahjusumidjo 2002 : 83]

F.Funsi Kepala Sekolah

Kepala sekolah mempunyai tugas yang cukup banyak sekali,diantaranya adalah :

  1. pengorganisasian [ organizing ]

kepala sekolah perlu mengadakan pembagian kerja yang jelas bagi guru-guru yang menjadi bawahannya,dengan pembagian kerja yang jelas,pelimpahan wewenang dan tanggung jawab yang tepat,diharapkan kegiatan sekolah dapat berjalan dengan lancar dan tujuan yang diinginkan dapat tercapai.

  1. Pengarahan [ directing ]

Pengarahan adalah kegiatan membimbing anak buah dengan memberikan perintah [ komando ]memberi petunjuk,mendorong semangat kerja dan menegakkan disiplin.

  1. pengkoordinasiaan [ coordinating ]

pengkoordinasiaan adalah kegiatan menghubungkan orang-orang dan tugas –tugas sehingga terjalin kesatuan dan keselarasan keputusan serta terhindar dari timbulnya pertentangan.

  1. Pengawasan [ controlling ]

Pengawasan adalah tindakan atau kegiatan agar pelaksanaan pekerjaan serta hasil kerja sesuai dengan rencana,perintah atau petunjuk yang telah ditetapkan.

F.Syarat-Syarat Menjadi Kepala Sekolah

  • Memilki ijazah yang sesuai dengan ketentuan atau peraturan yang telah ditetapkan
  • Mempunyai pengalaman kerja yang cukup,terutama disekolah yang sejenis dengan sekolah yang dipimpinnya
  • Mempunyai kepribadian yang baik,terutama sikap dan sifat –sifat kepribadian yang diperlukan bagi kepentingan pendidikan
  • Mempunyai keahlian dan pengetahuan yang luas terutama menenai bidang-bidang pengetahuan pekerjaan yang diperlukan bagi sekolah yang dipimpinnya
  • Mempunyai ide dan inisiatif yang baik untuk kemajuan dan pengembangan sekolahnya.

BAB III

PEMBAHASAN

A.Peranan Kepala Sekolah Sebagai Pemimpin Pendidikan

Di Indonesia kepala sekolah yang memimpin suatu sekolah negeri diangkat oleh departemen yang membawahi sekolah itu setelah mempertimbangkan usul-usul dari instansi-instansi setempat,sedangkan pengangkatan kepala sekolah swasta dilakukan oleh dewan khusus dalam bidang pendidikan dari lembaga yang mendirikan sekolah itu.

Funsi utama kepala sekolah sebagai pemimpin pendidikan adalah mempersiapkan situasi belajar dan mengajar yang baik.Di dalam melaksanakan fungsinya kepala sekolah harus benar-benar dapat memberikan pimpinan,ini berari kepala sekolah harus dapat mengadakan,mengatur dan memberikan fasilitas pendidikan supaya para guru dan siswa benar-benar berada dalam situasi belajar yang menyenangkan,ia harus mampu menyusun program –program yang dapat yang dapat membangkitkan aktivitas siswa dan guru.

Selanjutnya sebagai pemimpin pendidikan kepala sekolah harus bertanggung jawab terhadap kemajuan dan kesejahteraan para guru.Kepala sekolah juga harus memberikan penilaian terhadap guru-guru sehingga dengan demikian nanti ia dapat memberikan bantuan kepada mereka demi perbaikan etos kerjanya di masa yang akan datang.

Untuk menjalankan itu semua kepala sekolah dituntut mempunyai jiwa kepemimpinan yang tinggi,seperti yang telah penulis uraikan pada bagian terdahulu,bahwa kepemimpinan adalah kemampuan yang di miliki seseorang untuk mempengaruhi,menggerakkan serta memotivasi orang untuk bekerjasama demi mencapai suatu tujuan.Menggapa orang yang dipimpin itu mau mengikuti pemimpinnya…….?

Menurut Arifin Abdurrahman,dalam artikelnya yang berjudul “Kepemimpinan Dlam Administrasi Pendidilkan ” yang menyebabkan orang-orang yang dipimpin megikuti pemimpinya adalah :

  • Sebab Instinka dari dalam setiap sanubari manusia karena kagum akan sifat-sifat pemimpinnya yang mempengaruhi seluruh jiwanya,ini lebih disebabkan dari pengaruh karisma dari pemimpin tersebut
  • Sebab tradisi,dimana diapat suatu pengikutan karena adat dan tradisi
  • Sebab ratio,didapat kepengikutan karena pertimbangan yang rasional tentang untung dan rugi
  • Sebab peraturan hukum atau legal,orang mau patuh atau mengikuti orang yang memimpinnya karena suatu peraturan hukum,karena apabila tidak dita’ati ia akan mendapat sanksi atau hukuman.

Didalam pendidika sekolah kadang–kadang terdapat anggapan seorang kepala sekolah sudah dapat dikatakan pemimpin dari sekolah itu,sebenarnya kepala sekolah juga dapat dikatakan pemimpin pendidikan,tapi jika jabatan sebagai kepala sekolah hanya berdasarkan pada teori tradisi atau legal seperti yang telah disebutkan di atas,sedangkan dalam penggangkatan tidak unsur-unsur penerimaan dan kemampuan tekhnis,maka kepala sekolah yang demikian belum dapat dikatakan pemimpin pendidikan.

Sebenarnya kepala dan pemimpin itu tidak sama,kepala terdapat pada kelompok atau group yang bersifat formal dan diatur dengan struktur tertentu serta hubungan keluarnya bersifat formal,sedangkan kepemimpinan murni terdapat dalam kelompok yang bersifat tidak resmi,yaitu kelompok yang dibentuk oleh orang-orang yang ada disana sebelum organisasi mitu ada.

Sekolah dalam hal ini dapat disamakan dengan kelompok formal,karena hampir jarang sekali bahkan tidak ada kepala sekolah yang dipilih langsung oleh anggotanya.

Kalau kita memahami perbedaan antara kedua pengertian tersebut dan kita kita hubungkan dengan persoalan –persoalan dalam lingkungan sekolah,maka seorang kepala sekolah hendaklah benar-benar memiliki sifat-sifat kepemimpinan demi tercapainya tujuan sekolah yang dipimpinnya.

B.Fungsi Dan Kewajiban Kepala Sekolah

Menurut Mc.Nerney [ 1992 : 158 ] kepaqla sekolah mempunyai tugas yang sangat banyak sekali diantaranya adalah :

q Mengembangkan bersama – sama demgan guru filsafat yang sudah ditetapkan untuk sekolah itu,

q Merencanakan suatu kurikulum bersama guru-guru,

q Menilai alat-alat pengajaran yang diperlukan oleh guru – guru,

q Mengatur dan memajukan para siswa,

q Mengembangkan program tentang disiplin,

q Mengawasi pemeliharaan gedung dan alat-alat sekolah,

q Mengembangkan cara-cara yang demokratis dan memimpin hal hal yang mengenai staf personel,

q Menggunakan semaksimum-maksimumnya semua lembaga masyarakat yang dapat memberikan bantuan kepada siswa,

q Menilai kebutuhan dengan kebutuhan –kebutuhan yang terdapat dalam masyarakat,

q Melaksanakan kepemimpinan dan pengawasan disekolah yang dipimpinnya.

Itulah tugas – tugas yang harus diemban oleh seorang kepala sekolah,karena tugas yang diembannya sangat berat dan harus dipertanggung jawabkan,maka sangat pentinglah kiranya jiwa kepemimpinan yang tinggi bagi seorang kepala sekolah demi tercapainya tujuan yang telah di tetapkan.

BAB IV

PENUTUP

A.Kesimpulan

Berdasarkan keseluruhan uraian didalam makalh ini maka penulis dapat mengambil beberapa kesimpulan,yaitu :

  • Berhasil atau tidaknya kepal sekolah dalam menjalankan tugasnya,sangat dipengaruhi oleh jiwa kepemimpinannya,sebab denga jiwa kepemimpinannya itulah tujuan sekolah yang dipimpinnya akan tercapai,
  • Kepemimpinan kepala sekolah adalah salah satu perwuudan kepemimpinan nasional,yaitu kepemimpinan pancasila,yang bertujuan mencerdaskan kehidupan bangsa dan menciptakan sumber dayan mannusia yang handal.

B.Saran-Saran

Adapun saran –saran yang dapat penulis sampaikan melalui makalah yang berjudul Kepemimpinan Kunci Keberhasilan Kepala Sekolah ini adalah :

Seorang kepala sekolah hendaklah menjadi seorang pemimpin yang demokratis,yang terbuka terhadap bawahannya,mau menerima kritikan dan harus menjadi pekerja keras.

DAFTAR PUSTAKA

a. Daryanto.2002.Administasi Pendidikan.Jakarta:Rineka Cipta.

b. Purwanto,Ngalim,dkk.1996.Administrasi Pendidikan.Surabaya:Mutiara Sumber Widya.

c. Sutaryadi.1990.Administrasi Pendidikan.Surabaya:Usaha Nasional.

d. Wahjusumidjo.2002.Kepemimpinan Kepala Sekolah [ tinjaun teoritik dan permasalahannya. ] Jakarta:Raja Grafindo Persada.

e. Gaffar,A.1992.Dasar – Dasar Administrasi dan Supervisi Pengajaran.Padang:Angkasa Raya.

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: