MAU DIBAWA KEMANA LULUSAN JURUSAN ADMINISTRASI PENDIDIKAN


MAU DIBAWA KEMANA LULUSAN JURUSAN ADMINISTRASI PENDIDIKAN

  1. A. PROFIL JURUSAN ADMINISTRASI PENDIDIKAN
    1. Visi
      Pusat unggulan pelayanan, pengembangan ilmu dan sumber daya manusia secara profesional dalam bidang manajemen pendidikan yang berlandaskan iman dan taqwa kepada Tuhan YME.
    2. Misi
      1. Memberikan pelayanan pendidikan dan pengajaran serta pelatihan dalam bidang manajemen pendidikan
      2. Melakukan penelitian dan pengembangan berkesinambungan mengenai gagasan baru, bak teori maupun praktek manejemen pendidikan
      3. Melakukan pengabdian pengamdian kepada masyaraket melalui konsultasi, pelatihan, dan bimbingan manajemen
      4. Melakukukan pembaharuan dalam bidang manajemen pendidikan untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi pengelolaan sistem pendidikan
      5. Mengembangkan kerjasama dengan lembaga terkait untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia dalam manajemen pendidika
    3. 3. Tujuan
      1. Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan akademik dan profesional dibidang manajemen pendidikan yang beriman dan bertaqwa kepada tuhan YME
      2. Menghasilkan lulusan yang peka terhadap perkembangan dan perubahan dalam manajemen pendidikan
      3. Meningkatkan mutu pengelola pendidikan

  1. 4. Kompetensi Utama Lulusan Jurusan Administrasi Pendidikan
    1. a. Menguasai konsep dan teori tentang manajemen pendidikan yang meliputi fungsi dan bidang garapan serta mampu menerapkannya dalam praktek manajemen pendidikan
    2. b. Menguasai konsep dan teori pendidikan dan pengajaran serta mampu melaksanakan proses pendidikan dan pengajaran
    3. c. Menguasai konsep dan teori karya ilmiah dan mampu menghasilkan karya ilmiah di bidang manajemen pendidikan
    4. d. Mampu memahami dan hidup bermasyarakat
    5. e. Mampu berperilaku yang sesuai dengan nilai-nilai dan norma-norma agama yang dianutnya
    6. f. Mampu menggunakan teknologi dalam praktek manajemen pendidikan
    7. 5. Kompetensi Pendukung Lulusan Jurusan Administrasi Pendidikan
      1. a. Mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan dan perubahan dalam bidang manajemen pendidikan
      2. Mampu menguasai sekurang-kurangnya satu bahasa asing
      3. Memiliki wawasan kewirausahaan
      4. Mampu mengolah dan menganalisis data

B. LATAR BELAKANG MASALAH

Pengembangan diri merupakan kegiatan pendidikan untuk mengembangkan kemampuan dalam bidang administrasi. Ilmu pengetahuan dan keterampilan yang dilaksanakan bertujuan jangka panjang yaitu agar tenaga administrasi maupun mengembangkan ilmu yang telah dipelajari dan dipraktekkan di sekolah. Administrasi sangat diperlukan bagi kelangsungan proses belajar mengajar dalam dunia pendidikan. Semua itu tidak lepas dari keaktifan orang-orang yang menguasai administrasi dalam sekolah. Orang sering menganggap enteng administrasi tersebut, padahal kalau administrasi dipegang oleh orang-orang yang kurang terampil maka administrasi tersebut akan berantakan. Orang yang memegang administraasi adalah orang yang sudah terlatih dalam bidangnya (orang yang sudah mendapat ilmu/ pelatihan). Administrasi tidak hanya dilakukan dalam waktu tertentu saja tetapi setiap hari secara kontinyu.

Untuk menjawab tantangan ini didirikan jurusan Administrasi Pendidikan program studi manajemen pendidikan, yang mana lulusan dari jurusan ini diharapkan bisa menjadi pengelola pendidikan, di sekolah atau di dinas pendidikan. Namun fakta dilapangan berkata lain masyarakat merasa sangat asing degan jurusan ini, seolah-olah ini  adalah jurusan baru padahal administrasi pendidikan sudah ada sejak UNP masih bernama IKIP Padang. Bahkan yang sangat lucu adalah mahasiswa jurusan Administrasi Pendidikan bingung dengan dirinya sendiri dan bahkan yang lebih memilukan adalah mereka malu untuk jujur jika ditanya apa jurusan mereka.

Tiga tahun silam sewaktu memilih jurusan saat mengikuti SPMB dan menjatuhkan pilihan pada jurusan Admnistrasi Pendidikan, yang terbayangkan adalah akan bekerja sebagai pengelola pendidikan di dinas pendidikan atau sekolah. Namun setelah mengikuti perkuliahan di jurusan administrasi pendidikan kesimpang siuran itu mulai menghampiri. Ini terlihat dengan fenomena-fenomena tidak adanya suatu kompetensi ilmu yang harus benar-benar dikuasai, semua terasa mengambang, mata kuliah yang satu dengan mata kuliah yang lain terasa tidak singkron. Banyak mahasiswa yang bingung dengan jurusan ini, dampak terburuknya ada mahasiswa yang memutuskan untuk pindah jurusan.

Semua kenyataan diatas terjadi karena belum adanya kepastian prospek kerja untuk lulusan jurusan administrasi pendidikan, oleh karena itulah kami tertarik untuk membahasa permasalahan jurusan administrasi pendidikan dalam seminar ini dengan tema “Mau Dibawa Kemana Lulusan Jurusan Administrasi Pendidikan”.

C. PERMASALAHAN YANG DITEMUKAN

  1. 1. Persepsi Mahasiswa Terhadap Jurusan Administrasi Pendidikan

Permasalahan timbul dari mahasiswa itu sendiri. Mereka tidak memahami akan jurusan yang mereka geluti. Mereka selalu berada dalam ketidak pastian bahwa jurusan administrasi pendidikan akan menjadikan mereka seperti apa. Fakta di lapangan yang ditemukan, banyak dari mahasiswa yang malu jika di tanyai mengenai jurusannya. Karena mereka beranggapan bahwa jika dijelaskan  administrasi pendidikanlah jurusan mereka,  ternyata hasil yang didapatkan banyak dari kalangan umum yang tidak mengerti akan jurusan ini. Disinilah letak kelemahan dari mahasiwa kita. Mereka lebih memilih untuk menyembunyikan informasi mengenai jurusannya dari pada meyakinkan dan menjelaskan bahwa jurusan administrasi pendidikan merupakan jurusan yang sangat berperan penting dalam bidang pendidikan. Bagaimana masyarakat luar akan mengetahui secara mendalam mengenai jurusan administrasi pendidikan, sedangkan mahasiswanya saja tidak mengerti akan jurusan ini dan tidak mau mensosialisasikannya kepada masyarakat banyak.

Banyak kata-kata yang muncul dari mahasiswa bahwa ketidakjelasan akan jurusan membuat mereka kurang bergairah dalam melaksanakan pembelajaran. Bahkan ada dari beberapa mahasiswa yang memilih untuk pindah ke jurusan lain, karena keraguannya terhadap jurusan ini.

Hal aneh yang ditemukan lagi bahwa mahasiswa dari jurusan administrasi pendidikan ini yang menjatuhkan nama jurusannya sendiri, bukan berusaha untuk menaikkan nama dari jurusan tersebut. Mereka mencap bahwa jurusan administrasi pendidikan tidak jelas kedudukannya.

  1. 2. Pandangan Masyarakat dan Peran Iluni Terhadap Jurusan Administrasi Pendidikan

Banyak orang yang bertanya-tanya apa itu jurusan Administrasi Pendidikan, ditempatkan dimana nantinya dan sebagai apa kalau bekerja. Orang hanya tahu kalau yang namanya administrasi akan bekerja di kantor Tata Usaha (TU) sebagai pengarsip surat, mengetik surat atau yang berhubungan dengan surat-menyurat. Bahkan masyarakat ada yang mengklaim jurusan kita dengan mengatakan apa itu jurusan “Administrasi Pendidikan” jurusan yang tidak berbobot. Kalau sekedar mengurus administrasi kantor tamatan SMK Bisnis Manajemen khususnya jurusan Administrasi Perkantoran juga bisa dan untuk apa kuliah tinggi-tinggi  hanya menghabiskan uang saja.

Masyarakat berani mengklaim jurusan AIP karena mereka tidak melihat atau dominannya yang menempati posisi-posisi tinggi di kantor pemerintah atau swasta bukan jurusan AIP tetapi jurusan lain seperti di perusahaan yang menjadi orang penting adalah jurusan akuntasi / ekonomi, teknik, sedangkan di sekolah jurusan PGSD, bimbingan konseling(BK) dan sekarang sedang hangat-hangatnya jurusan Teknologi Informasi (TI).

Dari persepsi masyarakat kita bisa berkaca atau menjadikannya sebagai pedoman agar persepsi masyarakat yang tidak menyenangkan akan hilang secara perlahan-lahan. Sebagai mahasiswa AIP kita sudah memepelajari tentang “Manajemen”, maka sampaikanlah kepada masyarakat yang tidak tahu bahwa jurusan AIP itu adalah jurusan yang bagus, jurusan yang bisa mengatur, mengelolala orang-orang yang ada dalam suatu organisasi untuk bekerja sama dengan baik.

Buktikan kalau kita jauh lebih unggul dari lulusan SMK dan tidak hanya bisa mengerjakan pekerjaan yang berhubungan dengan administrasi.saja tetapi lebih dari itu karena kita anak manajemen. Dan yang paling penting pahamilah setiap ilmu yang ada di jurusan kita dan jadilah orang yang berkompeten yang dibutuhkan oleh orang-orang untuk bekerja ditempatnya.

Selain dari persepsi masyarakat tadi, peran alumni aip untuk memajukan jurusan kita masih kurang, karena alumni aip yang sudah bekerja itu belum mempromosikan tentang keunggulan jurusan kita yang mana kemampuan para lulusan aip sangat dibutuhkan oleh perusahaaan mereka baik pemerintah maupun swasta. serta hubungan komunikasi antara jurusan kita dengan alumni belum erat sehingga tidak ada terjalin kerja sama yang saling menguntungkan.

  1. 3. Prospek Kerja Jurusan Administrasi Pendidikan

Inilah inti dari permasalahan kita saat ini, kita masih menunggu apa sebenarnya pekerjaan yang cocok untuk jurusan adaministrsi pendidikan, namun demikan dari berbagai informasi yang kami peroleh dari ketua jurusan, alumni dan mata kuliah yang dipelajari dapat ditarik kesimpulan bahwa lulusan jurusan administrasi pendidikan nantinya akan dipersiapkan untuk menjadi :

  1. Tenaga administrasi sekolah, staff TU
  2. Pegawai kantoran, dinas pendidikan
  3. Guru SMK Manajemen bisnis

Namun demikian sebenarnya jurusan administrasi pendidikan bisa bekerja dimana saja, ini dikarenakan karena ilmu yang dipelajari dalam jurusan ini adalah ilmu manajemen yang mana ilmu manajemen sangat dibutuhkan oleh semua lembaga baik negeri ataupun swasta.

Menyikapi akan keraguan mahasiswa akan jurusan ini, perlu kami tegaskan bahwa tidak ada satupun jurusan yang bisa menjamin seseorang untuk mendapatkan pekerjaan. Artinya sebagus apapun jurusan lapangan pekerjaan tidak ada yang akan menjamin untuk langsung diterima, diera globalisasi ini yang sangat dituntut dari seorang lulusan akademisi adalah kompetensi yang dia miliki bukan dia lulusan apa. Jadi kami menyarankan dan menghimbau kepada seluruh mahasiswa jurusan administrsi pendidikan untuk tidak ragu dan malu dengan jurusan ini tetaplah belajar dengan giat dan tingkatkan kompetensi dalam diri kita sehingga dengan demikian setelah kita lulus kita bisa membawa ijazah yang kita miliki kelembaga yang kita inginkan.

Kami menyarankan pada saudara-saudara yang sudah patah semangat dengan jurusan ini, tetaplah tegar dan buktikan kalau jurusan kita adalah yang terbaik, satukan tekan dan rapatkan barisan kita pasti bisa. Ini adalah awal untuk kebangkitan kita bukan akhir.

Akhir kata kami menghimbau saudara sekalian jadilah pencipta lapangan pekerjaan jangan menjadi pencari kerja. Tetapalah berkarya dan belajar karena seperti pribahasa mengatakan dimana ada kemauan disana pasti ada  jalan.

D. ANALISIS KEBIJAKAN

Permasalahan diatas akan terjawab dengan adanya sebuah kebijakan yang dapat menjadikan jurusan administrasi pendidikan di kenal oleh masyarakat banyak dan memiliki prospek kerja yang jelas, dengan demikian akan mendapatkan respon positif dari mahasiswa administrasi pendidikan itu sendiri. Dibalik semua ini akan berpedoman kepada Permendiknas No. 24 tahun 2008 tentang Standar Tenaga Administrasi Sekolah/Madrasah.

Dengan keluarnya Permen tersebut, akan memberikan dampak positif kepada argument mahasiswa sebelumnya yang mengatakan ketidak jelasan dari jurusan administrasi pendidikan dan prospek kerjanya. Berdasarkan Permen tersebut arah jurusan administrasi pendidikan lebih tampak jelas. Bahwa sebagai tenaga administrasi sekolah benarlah orang-orang yang memiliki background dari administrasi pendidikan. Misalnya untuk menjadi seorang kepala administrasi SMA/SMK/MA/SMALB haruslah seseorang yang berpendidikan S1 program studi administrasi pendidikan, hal ini tercantum dalam lampiran Permen tersebut.

Disamping itu, untuk lebih dikenali jurusan administrasi pendidikan perlu diadakan sosialisasi kepada masyarakat tentang jurusan ini, dan kegiatan atau ikatan iluni administrasi pendidikan agar lebih ditingkatkan. Dengan demikian prospek kerja bagi jurusan administrasi pendidikan akan lebih tampak jelas. Tidak lupa pula diperlukan kesadaran dan optimisme dari setiap mahasiswa terhadap jurusan administrasi pendidikan. Janganlah memandang jurusan ini dengan sebelah mata, sesungguhnya jurusan administrasi pendidikan memiliki peranan penting dalam kemajuan pendidikan khususnya dalam bidang pengelolaan pendidikan.

Kebijakan dari jurusan dalam merubah kurikulum, merupakan langkah yang bagus dalam penentuan keahlian bagi setiap mahasiswanya. Dengan cara menfokuskan atau spesialisasi dari jurusan administrasi pendidikan. Setiap mahasiswa diberikan kesempatan untuk memilih lebih difokuskan kepada ketatausahaan, manajemen pendidikan, kekepalasekolahan, dan lain-lain. Dengan demikian arah dari mahasiswa tamatan jurusan administrasi pendidikan akan tampak jelas. Bahwa mereka akan ditempatkan kepada bagian yang telah menjadi keahlian mereka.

About these ads

41 Tanggapan

  1. Jurusan Administrasi Pendidikan sanagat bagus, yg menjadi problema besar adalah bhw formasi penerimaan CPNS/ Swasta untuk lulusan jurusan ini samapai sekarang setahu saya belum ada, saya sendiri adalah lulusan AIP IKIP Padang Tahun 1992, bertahun2 saya menunggu formasi untuk melamar CPNS atau Swasta tidak ada. Walaupun saya sekarang bisa jadi PNS dan menjadi KTU SMKN 1 Gunung Talang itu karena saya melamar CPNS Penjaga Sekolah dgn Ijazah SMP tahun 2000, bersyukur waktu itu Gusdur jadi Presiden RI , mengeluarkan PP 99 Tahun 1999 tentang kenaikan pangkat penyesuaian ijazah , akhirnya saya hanya menikmati Golongan I/c sampai 2003 dan Golongan II/a sampai tahun 2004 dan sekarang sudah Golongan III/c. Saya tidak bisa menyalahkan siapa2 kok sampai sekarang formasi lulusan AIP di Dinas Pendidikan tidak ada malah yg ada adalah utk lulusan Hukum , Ekonomi Dll, Siapakah yg salah disini ? Saya pikir yg perlu berjuang ke BKN adala Perguruan Tinggi yang menghasilkan lulusan ini, seberapa hebat mahasiswa melakukan sosialisasi di masyarakat, kalau BKN, PEMDA tiadak memberi formasi maka Tenaga Administrasi yg profesional di sekolah atau didinas pendidikan hanya sekedar teori di kampus. Wassalam terima kasih..

    • betul skelai pak,,,,,inilah problema yg sangat mengelitik,,,,,,
      mudah2an tk kedapannya,,,,pihak universitas lebih banyak lagi mempromosikan jurusan AIP ini

      • terus bagaimana nasib kita ini,,,,,?
        pindah jurusan tidak bisa,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

        • .??????
          saya juga mahasiswa adm pend.. UNIVERSITAS NEGERI PADANG.!

          SAMA seperti apa yang dikatakan pak madison tadi,
          di Dinas Pendidikan pun , tidak menerima jurusan kita ini.!!

          lalu mau dibawa kemana jurusan kita ini.??
          apakah ada satu saja pekejaan khusus untuk aip.???

          kalau TU atau yang lain , akuntansi pasti lebih mendominasi..!!

  2. askum
    jujur saja. sekarang saya sbg mahasiswa admnistrasi pendidikan. saya bingung besok bs jd pns atau tidak yg lgsung menggunkan ijazah ini. saya tahun ini mencoba daftr ke jurusan lain dan alhamdulillah diterima. saya gk hbs pikir,,,,knp jurusan ini tidak ada di lowongan CPNS atau swasta bhkan BUMN?????? saya tahu materi yg diajarkan dibutuhkan di berbagai lembaga…. tp knapa tidak pernah ada yg mencantumkan formasi jurusan ini???? yg ada hanya jika jd dosen…… bgmn sich sebenarnya???? saya bingung sekali…..
    terima kasih

  3. saya kira jika anda telah masuk dalam jurusan ini, tidak perlu untuk keluar dan meninggalkan jurusan AP. Dunia kerja nanti yang mereka minta bukanlah ijazah atau anda tamatan apa, namun yang terpenting adalah skil yang kita miliki.
    jika anda mulai lagi kuliah pada jurusan lain, saya rasa anda akan rugi, pertama dari segi umur dan yang kedua dari sisi keuangan…
    jadi intinya bulatkan tekatmu untuk melanjutkan kuliah dijurusan ini…yang terpenting sekarang adalah skil
    BUKAN ANDA TAMATAN APA…
    thanz

  4. i like it………………….ini motivasi…….
    salam administrasi pendidikan UNM MAKASSAR

  5. Jurusan Administrasi pendidikan menurut saya sangat bagus untuk dipersiapkan menjadi seorang staf baik di dinas maupun sekolah. Khususnya untuk sekolah baik dari tingkat SD – SMA/SMK. namun yang menjadi permasalahan belum pernah ada pengangkatan staf/TU di kalangan sekolah tersebut. Padahal untuk pensiunan staf di sekolah semakin banyak dan lembaga sekolah semakin kekurangan staf /TU yang memiliki skil di bidangnya. ( S1 Adm. Pendidikan/Manj. Pendidikan)

  6. menurut saya, jurusan administrasi pendidikan ini sangat bagus sekali..
    kenapaa….??
    kita bisa melamar kerja sbg guru, bisa di TU dan bisa juga di kantor2. tapi, tu smw tergantung dari individu masing2. yg penting kita punya SKILL. jangan salah, jurusan kita ini, untuk tahun kedepan sangat dibutuhkan.
    sekarang sudah ada lowongan bagi jurusan kita..
    yg penting kita bisa dan berpandailah2 mencari informasi…..

    maka dari tu, jangan prnh menanyakan mau kemana lulusan AIP ini….

    sebelum anda msuk ke jurusan ini, seharusnya anda berpikir dlu dengan baik2, jangan smpai setelah anda menjadi mahasiswa terutama mahasiswa AIP anda bertanya2…

    makana, pikirlah sebelum bertindak..
    TERIMA KASIH

  7. bener bgtz,,pak????
    kbanyakan orang masih awam dengan jurusan administrasi pendidikan???apa itu ap?????
    saya juga lulusan administrasi universitas muhammadiyah palembang,,,,
    kami juga bingung pa kami bisa ikut test pns?????
    klo memang jurusan AP nie di bagian tata usaha,,,seharusna sekolah2 yang ada di indonesia ini menerima tamatan S1 AP,,,jangan hanya tamatan SMU????? jdi nasib kami kan jelas.

  8. namun sayangnya,,
    masih banyak yg kurang paham mengenai jurusan ini..
    bahkan yang sangat disayangkan pada saat PPL pihak kampus malah menempatkan mahasiswa sebagai pengajar pada saat PPL………..

  9. namun sayang,,
    masih banyak orang yang kurang paham bahkan mengetahui jurusan ini..
    dan yang jdi masalah bahkan pada saat PPL pihak kampuz menempatkan mahasiswa sebagai staf pengajar pada saat PPL itu,,

  10. Itulah salah satu bentuk ketidak profesionalan pengambil kebijakan kita dinegeri ini. permasalahannya bukan pada ketidak mampuan perguruan tinggi atau lulusan yang dihasilkan sehingga formasinya tidak dicantumkan. tetapi lebih kepada tuntutan kepentingan2 yang tidak profesional, sehingga kita tidak perlu heran pendidikan kita akan seperti ini karena tidak dikelola oleh orang-orang yang profesional. satu contoh pemda khususnya dikpora membutuhkan tenaga perencana pendidikan, yang dicari justru yang berasal dari ilmu administrasi negara, padahal konsep administrasi negara tidak sama dengan konsep administrasi pendidikan. Satu hal yang harus diingat juga bahwa profesionalitas kita di Indonesia masih diukur dengan selembar kertas yang bernama “IJAZAH” padahal kemampuan terkadang centang perenang. Saya termsuk salah satu lulusan AP yang alhamdulillah sampai dengan hari ini sejak saya mengambil jurusan ini tidak pernah merasa pesimis, walauopun tidak menjadi PNS tatapi sy mampu menerapkan ilmu yang sy dapat di AP untuk mengembangkan sekolah sy hingga seperti sekarang ni. Intinya jgn pesimis, jika kita selalu berpegang pada asas profesionalitas, kita akan menjadi orang yang paling berguna.

  11. alumni AP UM’05 sya bukannya menyesal, tp berusaha sekuat kemampuan saya, mencri peluang untuk masuk di instansi penddikan alhasil, tidak menerima honorer,kalaupun bisa pasti pake orang dalam, sampe2 saya pernah sharing ma dosen sya, tapi apa jawabanya, sya dibilang lemah hanya mengandalkan cpns pemda kota malang, padal sangat ironis klo kota malang disebut kota pendidikn, tapi tidak pernah membuka formasi jurusan AP, melamar di kampus saja ditolak, trus dibawa kemana alumninya???untuk melamar disekolah susahnya mnt ampun, tidak menerima honorer sesuai UU sekian2, saya pernah maju ke BKD kota MALANG, apa jwabnya, sampai saat ni belum ad formasi PNS jur AP?Sampai sya punya pikiran untuk maju ke MEMPAN/MENDIKNAS saya cri dukungan teman2, tapi teman2 sibuk untuk urusannya sendiri, akhrnya jg ad teman sya bs lulus CPNS FORMASI PGSD th 2009,bgitu saya konfirmasi lewat jalur umum/mana?tidak bisa beri jawaban yang ver.klo ad teman2 yang bilang silahkan digali potensinya,gak harus PNS kerja dmn sja bs sesuai skill,,tapi kampus tidak bs memberi skill kusus???kesimpulan saya, klo jur ni tidak prospek mending ditutup saja kasihan alumninya sdh kul habis banyak, lulusnya tidak jelas.

    • yang jadi pertanyaan ,??
      kenapa universitas terkait masih saja menerima mahasiswa jurusan administrasi pendidikan.???

      sudah jelas llulusan nya di bawa kemana.?”

      apakah sebaik nya jurusan ini di tiadakan saja.???

    • Saya rasa problema ii sudah sangat lama dirasakan tapi tidak ada tindakan tegas dari pihak jurusan ataupun universitas… sebagi jurusan yang sangat memahami masalah manj. dan admintrasi sekolah seharusnya ada upaya yang sangat jelas terhadap prospek jur. adm.pendidikan ke depannya… memang klo PNS bkan satu2nya jalan tk menrpkan ilmu yang didapat di bangku kul… tpi klu swasta juga gak maw menerima apa gak kasihan pak, buk…saya harap jur. dan pihak universitas bisa memaknai.. tdak hanya memperbanyak mahasiswa tpi jga perhatikan nasib alumni kedepannya..

    • saya sangat sangat setuju sekali dengan kesimpulannya…

  12. Dari tema di atas ‘mau di bawa kemana lulusan jurusan AP’…spertinya kesan yg d mksud menggambarkan bhwa lulusan jur. AP tdk ada pluang utk brsaing d dunia kerja. Dunia krja bkan brarti PNS Semata, msh ada BUMN,BUMD,Prus.Swasta,Enterpreneur,dll. Dlm dunia krja tsb tidak sedikit yg meminta dr semua jurusan, tinggal bgaimana kita brsaing di dlm nya sj.
    Jd lulusan AP bs masuk k dunia krja walaupun hrs brsaing dg bnyk org.
    Tp dr prmasalahan yg d gmbarkan pnulis dan tanggapan dr komentator d atas, cndrung mengarah ke PNS. Skrg kita prsempit bahasannya mnjadi bgaimana agar jurUsan kita masuk dlm formasi cpns. mmg bnar saat skrg ini formasi cpns jur kt ‘sangat sdikit skali’. dlm job deskription jursan AP jlas skali mnerangkan bhwa sbenarnya jrusan AP d butuhkan di skolah atw instansi2 pmrintahan, d tambah lg ada PERMEN yg mngatur yg bs mnjadi Power kita. Brarti ada yg salah knapa jurusan kita ‘tidak ada’ masuk dlm formasi cpns.?
    skrang bkn wktunya mncari siapa yg salah dr fenomena d atas, yg jlas jurusan kita kurang sosialisasi dan promosi kpd bagian terkait.
    Kongkrit dr pemecahan prmasalan tsb adalah kerja sama kita semua, baik jurusan, alumni maupun mahasiswa. Khusus d UNP,wacana seminar mengenai perspektif jrusan AP tlh bertahun2 yg lalu d rncanakan, tp tdk trlaksana krna krg krja sama antara jrusan,alumni dan mahasiswa. Skrg mari kita singkirkan ego dan kpentingan pribadi agar trwujudnya prubahan yg lbih baik d masa2 yg akan datang. Karena banyak skali pejabat2 atw org2 yg brpengaruh yg brasal dr jurusan AP, jika ada krja sama yg baik hasilnya bs jd luar biasa.
    Saya sbg alumni dan jg yg lainnya siap utk bekerja sama untuk hal ini…

    Di Tunggu Undangannya…!!!

  13. mudahan doa dan harapan kita semua bisa terwujud,
    jujur kami sangat cinta pada jurusan administrasi pendidikan…
    memang salah satu tujuan dari blog ini saya buat adalah sebagai ajang sosialisasi jurusan kepada masyarakat dan pemerintah, tulisan ini berangkat dari keprihatinan saya terhadap tidak adanya/kecilnya peluang lulusan jurusan administrasi pendidikan untuk bersaing menjadi CPNS.

  14. iyyaaa,,, tahun ini saya diterima di jurusan ini tepatnya di Universitas Negeri Malang (UM), awalnya saya senang tapi setalh masuk…eeh saya tidak semangat..
    karena banyak orang yang tidak mengenal jurusan ini,,,saya sempat depresi.
    tapi semuanya saya kembalikan pada Allah SWT, mungkin ini sudah menjadi jalan yang terbaek buat saya….dan alhamdulillah sekarang saya bisa menerimanya.
    Apalagi jurusan AP (administrasi Pendidikan) di UM sudah terakreditasi A.^^
    Kita manusia hanya bisa berusaha, Allah lah nantinya yang akan menentukan.
    So..jangan menyerahh..Teruslah berkaryaa…:)

  15. Semua ilmu yang didapat dari jurusan administrasi pendidikan sangat berguna untuk kehidupan kita. jadi ga perlu patah semangat.. intinya ga PNS ga masalah… orang-orang AP adalah pemimpin yang punya jiwa kreatif, mandiri, dan pantang menyerah… untuk semua para APers di Indonesia gali potensi terusss.. karena kita sudah punya dasar yang kuat.. Salam AP…

  16. AP UM 2003

  17. askum kak,,,,

    saya mahasiswa aip th 2011 d unp, sebelum ini saya diterima di kimia unand dan analis kesehatan stikes. Karena saya ingin kuliah d unp, saya lepas unand dan stikes. Semula saya mengira peluang kerja aip bagus, ternyata setelah saya baca blogger kakak, saya agak bingung dan kecewa karena unand dan stikes sudah saya lepas sementara info2 ttg aip tidak mengenakkan ,,,bagaimana menurut kakak sikap saya,,mohon tanggapannya!

    tq

    • benar diatas bahwa semua jurusan tidak ada yg menjamin ….. semua tergantung pada individu masing” agar dapat bersaing dalam dunia kerja… jadi jangan minder dengan jurusan yg kita geluti…. (mahasiswa AP 09 Universitas Palangkaraya)

  18. salam kenal…sy alumni Universitas Negeri Malang jurusan Administrasi pendidikan 2006, mmg awalnya sy jg bingung bahkan menyesal memilih prodi ini, namun seiring berjalanya waktu sy bersyukur bisa masuk di jur AP, krn ilmu yg dipelajari mencakup semua aspek berbeda dgn jurusan lain…jadi jgn patah semangat n malu dgn jur AP, krn jurusan ini sgt profesional dan luar biasa..semangat2

  19. Ha ha ha haaaaaaaaaaa saya ketawa sendiri, kenapa ? Saya jadi mahasiswa jurusan AP IKIP Malang tahun 1983 hampir semua mahasiswa angkatan 1982,1983,1984 setahu saya juga bingung. Katanya jurusan MADESU (Masa Depan Suram) Pada saat itu banyak mahasiswa yang gusar mau pindah jurusan. Setelah dijelaskan,berdiskusi dan lain-lain akhirnya mahasiswa dingin, termasuk saya. Sampai akhirnya lulus.
    Setelah lulus ternyata benar apa yang terjadi,dari tahun 1988 saya lulus menyandang gelar DRS jurusan AP bangga selanjutnya menunggu pengumuman penerimaan CPNS. Pada saat itu semua jurusan ada dalam formasi penerimaan calon pegawai negeri di Depdikbud (Pada saat itu), jurusan Administrasi Pendidikan (AP) tidak ada sampai saya ke KANWIL Depdikbud Surabaya dengan mengajak taman dari sarjana AP. Dari IKIP Malang saya (Adnan) dari IKIP Surabaya (lupa namanya) dari Universitas Jember (Sugiatmo) minta dan menjelaskan tentang Jurusan Administrasi Pendidikan. Kabag kepegawaian pada saat itu Bpk. Nasrun Sahak,SH. Usaha saya nggak merubah nasib saya, ternyata tahun berikutnya (1989) ternyata ada formasi di Depdikbud Wilayah Jawa Timur yang dibutuhkan setiap Kabupaten hanya satu, saya pesimis sebab masih banyak alumni AP belum ada pengangkatan lulusan tahun 1987, 1986, jelas yang diterima yang lebih tua dulu atau memang saya NGGAK PAKAI UANG (TIDAK NYOGOG) akhirnya ya nggak diterima, Karena bosan mencari pekerjaan yang berkaitan dengan jurusan AP, Izasah saya simpan dan terjun langsung /kerja di SAWAH alias TANI ini yang cocok bagi saya sampai saat ini.
    Tahun berikutnya sampai saat sekarang tidak ada formasi AP. Sebetulnya jurusan AP itu sangat luas hanya saja pintu untuk masuk menjadi pegawai baik negeri ataupun swasta itu yang menjadi masalah. Dan yang terpenting pembuat kebijakan yang tidak ngerti akan kemampuan/skil dari jurusan AP, sehingga tidak adanya/tidak memberi formasi Jurusan AP.
    Nah tugas siapa yang mensosialisasikan jurusan AP ke instansi-instansi supaya mereka ngerti dan menerima lulusan AP yang kenyataannya memang sangat diperlukan disemua sektor yaitu adanya PENDIDIKAN DAN LATIHAN yang masuk dalam peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM). Kemudian permasalahan lagi bahwa Jabatan dari lulusan AP / Management Pendidikan itu kebanyakan jabatan yang enak, jadi kalau ada orang AP di suatu instansi sepatutnya jadi Pimpinan, itu yang tidak dinginkan oleh jurusan lain. Contohnya Kabag Kepegawaian itu tidak pantas dijabat lulusan SH (Sarjana Hukum), Kepala Sekolah kok Lulusan Sarjana Ekonomi,
    Banyak lagi permasalahan yang harus diselesaikan menyangkut masalah Jurusan Administrasi Pendidikan.
    Kalau kemampuan mahasiswa dan lulusanya jangan dikhawatirkan saya yakin kompetensinya tidak diragukan lagi, hanya masuk dari pintu mana itu yang menjadi masalah.
    Sekian dari saya sebetulnya masih banyak yang akan saya sampaikan tapi lain waktu disambung lagi.

  20. Saya jg mahasiswa AP, sy hny memberikan saran pd universitas yg membuka jurusan AP agr bekerjasama dgn instansi yg ad d setiap daerah dan mengenalkan jurusan AP

  21. kunto ap 81

    Imunya AP dapat diamalkan di segala bidang, ingat kurikulumnya AP sangat luwes, banyak alumni AP yang sukses di wiraswasta, itu mas Adnan, Mas Tubi. Kita doakan alumni AP dapat menciptakan pekerjaan untuk dirinya dan orang lain.

  22. Assalamualaikum,
    sedikit mau cerita, tahun ini saya keterima snmptn undangan di UM jurusan AP,
    kalau baca komen2 nya yg ada di atas tadi sedikit agak mengecewakan juga
    jadi itu membuat saya bingung, apakan saya ambil atau tidak jurusan itu

    karena saya juga ikut snmptn tulis

  23. Ass..
    Saya juga baru ktrima di UM tahun 2011 ini jurusan AP juga sudah registrasi dsb, melihat komen di atas mengenai prospek kerja kedepan nya membuat saya bingung, saya harus harus gimana.?
    buat Anty Suryani saya tunggu komunikasinya, karena kita di prodi yang sama.

  24. Ma’af maksud saya tahun 2012 ini.

  25. Saya adalah LuLusan AP angkatan 2008 Universitas Negeri Malang (UM) dan br LuLus thn 2012.. Skedar informasi bahwa sebenarnya jurusan AP adalah jurusan yg sangat bagus dan ilmu-ilmu yg diberikan sangat berguna dlm dunia kerja.. Mengenai masalah Lowongan Kerja jurusan AP memang sangat Jarang dan kalaupun ada hnya dibutuhkan sdikit.. Terkait CPNS Jurusan AP di kota saya Blitar Jawa Timur.. Kebetulan tahun kemarin ad formasi untuk AP untuk menjabat sebagai Guru Kurikulum Pendidikan hanya saja waktu itu saya belum LuLus… Jd tdk bisa mendaftar.. Berharap di tahun 2013 akan ada formasi CPNS Lg untuk jurusan AP.. Buat tmn2 yg sedang kuLiah di jurusan AP dr smua Universitas ga usah pesimis, dan terus kuLiah yg rajin.. Pengalaman saya dulu sewaktu kuLiah jg ga kaLah menyedihkan.. Bayangkan setiap ditanya jurusan, saya cb jelasin jurusan AP malah ga ad yg tau dan balik nanya emangnya ad jurusan kayak gitu.. Itu rasanya Sakit banget.. Tp akhirnya saya optimis dan percaya suatu saat pasti ada jalan utk jurusan AP.. Tetep semangat buat Alumni,dan adek2 tingkat jurusan AP….

  26. ga boleh pesimis. hidup kita kan bukan sebatas jadi PNS.

  27. besok saya ada expo, dan saya presentasi ke kelas, masih ada keraguan mereka (adik kelas saya) ga bakal ngedengerin kalo saya bilang saya dari adpend. saya masih percaya kok nantinya yang akan menentukan posisi kita adalah kita sendiri. kita bisa perbagus citra jurusan melalui citra diri di depan umum. show up, why not?

    kenapa jadi PNS seolah jadi cita-cita terbesar?.
    saya mungkin terlihat tidak realistis dihadapan orang ketika saya bilang saya ga butuh jd PNS yang saya mau ya cuma majuin pendidikan.
    realitas dimasa beberapa tahun lagi mungkin akan merubah saya. tapi saya tidak akan mau cepat-cepat beranjak terhadap keyakinan saya saat ini kalau melalui jurusan adpend saya bisa melakukan sebuah langkah untuk pendidikan di Indonesia.

    meskipun sering kali akan ada percakapan seperti ini:

    x: adpend tuh TU yaa?
    y: bukan sih, adpend tuh nama lain manajemen pendidikan, jauh bgt sama TU.
    x: tapi TU kan?
    y: (diem sambil nelen ludah) bukan! kita belajarnya perencanaan pendidikan, suatu saat kita perumus kebijakan.
    x: oooh (dengan muka gak percaya)

    walaupun itu sakit bangeeet, tapi saya rela ngomong berulang kali untuk jelasin itu. sekalipun waktu diskusi sama alumni SMA yang jurusannya pada populer , saya gak takut untuk show up!!.

    dan satu lagi yang saya binguuuuung bgt. kenapa kalo kata administrasi di administrasi negara, niaga atau apapun itu kesannya waaaw bgt. tapi giliran administrasi pendidikan? di cap TU. sedih sih :( tapi itu bikin saya makin tengil dan pengen matahin anggapan orang.

    ikatan alumni mungkin akan berpengaruh besar dalam membentuk citra adpend di dunia kerja, selama mereka juga yakin.

    *sebuah catatan anak tingkat satu ADPEND UPI. yang masih percaya

  28. aneh juga ya? adpend bukan jurusan baru kan?.

  29. aku jga Bingung,karna Saya d trima jrusan ini lwat Snmptn 2013,aku Bingung tetap ambil atau tidak,,,abisnya koment2 d ats agk m’khawatirkan jga bgi msa depan mahasiswa lulusan AP

  30. Saya apresiasi Paparan Bapak, saya ada Ide untuk kita selaku Orang Perkantoran (Pendidikan). Mohon no HP bapak kirim ke saya. Salam Tedi

  31. wadiuuh sedih banget baca koment2 diatas tentang AP :(

  32. saya bangga jadi calon mahasiswa jur. AP, saya yakin dapat memajukkn pendidikan lewat jur. ini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: