ADMINISTRASI PENDIDIKAN DAN PROSPEK KERJA KEDEPAN


ADMINISTRASI PENDIDIKAN DAN
PROSPEK KERJA KEDEPAN

Jurusan adminstrasi pendidikan fakulatas ilmu pendidikan Universitas Negari Padang, adalah sebuah jurusan  yang akan mempersiakan lulusannya untuk menjadi seorang pengelola pendidikan, mulai dari jenjang pendidikan dasar, menengah dan tinggi.  Sebagaiman fungsi dari manajemen yang banyak diungkapan oleh para ahli manajemen intinnya tugas dari bidang manajemen yaitu POAC, seorang administrator adalah orang-orang yang mampu untuk membuat perencanaan,pengorganisasia,actuating atau pelaksanaan dan terakhir adalah melakukan pengawasan atau control.
Untuk mewujudkan tujuan tersebut maka jurusan administrasi pendidikan membekali para mahasiswa dengan seperangkat kompetensi  berupa teoritis, dalam bentuk mata kuliah yang wajib diselesaikan oleh para mahasiswa jurusan administrasi pendidikan, selain itu jurusan asministrasi juga merasa perlu untuk membekali mahasiswa dengan pengalaman nyata dilapangan berupa praktek atau magang di instransi-instansi pemerintahan dalam hal ini lingkungan dinas pendidikan kab/kota, dan provinsi.
Setelah menyelesaikan semua mata kuliah dan mengikuti magang di instansi pemerintahan, diharapakan mahasiswa jurusan adminstrasi pendidikan mampu menerapkannya dalam kerja nyatannya di lapangan. Pendidikan sebagai upaya untuk membentuk manusia Indonesia secara kongnitif, afektif dan psikomotor, untuk itu diperlukan atau dibutuhkan sumberdaya manusia yang mampu untuk mengelola dan merencanakan pendidikan dengan baik. Pertanyaanya adalah siapakah SDM yang mampu untuk mengelola pendidikan tersebut, jawabannya adalah mahasiswa atau lulusan jurusan administrasi pendidikan bukan jurusan lain. Yang selama ini terjadi adalah pengelola pendidikan selama ini di pegang  oleh orang yang tidak ahli dibidangnya. Apa yang terjadi bila pendidikan ini dikelola oleh SDM yang bukan berlatar belakang manajemen pendidikan ( seperti administrai Negara ) jawabannya adalah seperti bagaimana kondisi pendidikan kita saat ini kacau balau dan jauh dari bermutu.
Hal ini terjadi karena konsep administrai pendidikan dengan konsep administrasi Negara sungguh sangat jauh berbeda. Jadi pantas kirannya kalau kondisi pendidikan kita saat ini sangat jauh dari bermutu. Untuk itu diharapkan mahasiswa dan para lulusan jurusan administrasi pendidikan untuk tetap meningkatkan kompetensi dalam manajemen pendidkan. Sehingga dengan kompetensi yang kita miliki diharapkan berbeda tenaga administrasi jurusan administrasi pendidikan dengan jurusan lain. Dalam tulisan kedapan penulis akan merangkan satu persatu dari prospek kerja atau profesi kerja yang bisa dilaksanakan oleh mahasiswa lulusan jurusan administrasi pendidikan.
Mudah-mudahan tulisan ini dapat membuka mata pemerintah untuk benar memperhatikan SDM pengelola pendidikan, untuk itu pemerintah diharapkan menyadari pentingnya peranan jurusan atau lulusan jurusan administrasi pendidikan sebagai pengelola pendidikan yang handal di masa depan, semoga tulisan yang singkat ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: