PROSPEK KERJA LULUSAN JURUSAN ADMINISTRASI PENDIDIKAN


BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

Administrasi Pendidikan sangat diperlukan bagi kelangsungan proses belajar mengajar dalam dunia pendidikan. Semua itu tidak lepas dari keaktifan orang-orang yang menguasai administrasi dalam sekolah. Orang sering menganggap enteng administrasi tersebut, padahal kalau administrasi dipegang oleh orang-orang yang kurang terampil maka administrasi tersebut akan berantakan. Orang yang memegang administraasi adalah orang yang sudah terlatih dalam bidangnya (orang yang sudah mendapat ilmu/ pelatihan). Administrasi tidak hanya dilakukan dalam waktu tertentu saja tetapi setiap hari secara kontinu.

1

Untuk menjawab tantangan ini didirikan jurusan Administrasi Pendidikan program studi manajemen pendidikan, yang mana lulusan dari jurusan ini diharapkan bisa menjadi pengelola pendidikan, di sekolah atau di dinas pendidikan. Namun fakta dilapangan berkata lain masyarakat merasa sangat asing dengan jurusan ini, seolah-olah ini  adalah jurusan baru padahal administrasi pendidikan sudah ada sejak UNP masih bernama IKIP Padang. Bahkan yang sangat lucu adalah mahasiswa jurusan Administrasi Pendidikan bingung dengan dirinya sendiri dan bahkan yang lebih memilukan adalah mereka malu untuk jujur jika ditanya apa jurusan mereka.

Tiga tahun silam sewaktu memilih jurusan saat mengikuti SPMB dan menjatuhkan pilihan pada jurusan Admnistrasi Pendidikan, yang terbayangkan adalah akan bekerja sebagai pengelola pendidikan di dinas pendidikan atau sekolah. Namun setelah mengikuti perkuliahan di jurusan Administrasi Pendidikan kesimpang siuran itu mulai menghampiri. Ini terlihat dengan fenomena-fenomena tidak adanya suatu kompetensi ilmu yang harus benar-benar dikuasai, semua terasa mengambang, mata kuliah yang satu dengan mata kuliah yang lain terasa tidak singkron. Banyak mahasiswa yang bingung dengan jurusan ini, dampak terburuknya ada mahasiswa yang memutuskan untuk pindah jurusan.

Semua kenyataan diatas terjadi karena belum adanya kepastian prospek kerja untuk lulusan jurusan administrasi pendidikan, oleh karena itulah kami tertarik untuk membahasa permasalahan jurusan administrasi pendidikan dalam makalah ini dengan judul “Prospek Kerja Lulusan Jurusan Administrasi Pendidikan”.

B. Tujuan Penulisan

Adapun tujuan dari penulisan makalah ini adalah untuk :

  1. Memberikan gambaran tentang kompetensi lulusan jurusan administrasi pendidikan,
  2. Agar pemerintah mengetahui tentang pentingnya menempatkan tenaga administrasi yang professional, baik disekolah atau di lembaga yang mengelola pendidikan misalnya dinas pendidikan.

C. Kegunaan Penulisan

Adapun kegunaan dari penulisan makalah ini adalah untuk menjembatani para mahasiswa yang mulai pesimis dengan jurusan dalam menyampaikan kegundahan hatinya kepada para pemimpin jurusan, dekanat dan rektor UNP. Tidak ada seditpun dari penulisan makalah ini ingin menjatuhkan salah satu pihak, namun sebaliknya tulisan ini berangkat dari keinginan mahasiswa Jurusan Administrasi Pendidikan untuk mengubah image ditengah masyarakat.

 

 

 

BAB II

KAJIAN TEORI

A. Pengertian Adminisrasi Pendidikan

Administrasi pendidikan seringkali diartikan secara sempit sebagai semata-mata kegiatan ketatausahaan seperti menyelenggarakan surat menyurat, mengatur dan mencatat penerimaan, penyimpanan, mendokumentasikan kegiatan, mempersiapkan laporan dan sebagainya. Pengertian demikian tidak salah, karena setiap kegiatan administrasi selalu memerlukan kegiatan itu. Hanya saja yang perlu diingat bahwa kegiatan administrasi tidak hanya kegiatan mencatat dalam pegertian tata usaha, tetapi administrasi lebih luas dari itu yang mengandung arti institusional, fungsional, dan sebagai proses untuk mencapai tujuan pendidikan.

Hadari Nawawi dalam Sagala ( 2008:38) mengatakan “ Administrasi pendidikan adalah serangkaian kegiatan atau kesuluruhan proses pengendalian usaha kerjasama sejumlah orang untuk mencapai tujuan pendidikan secara berencana dan sistematis yang diselenggarakan dalam lingkungan tertentu, terutama berupa lembaga pendidikan formal”.

4

Ngalim Purwanto dalam Sagala (2008:39)  menjelaskan “Administrasi pendidikan adalah suatu proses keseluruhan, kegiatan bersama dalam bidang pendidikan yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pelaporan, pengkoordinasian, pengawasan dan pembiayaan, dengan menggunakan atau memanfaatkan fasilitas yang tersedia, baik personil, materil, maupun srituil untuk mencapai tujuan pendidikan secara efektif dan efisien.”

Jadi dapat disimpulkan bahwa administrasi pendidikan mempunyai arti yang sangat luas, tidak hanya sebatas kegiatan tata usaha disekolah yang hanya bergelut dengan surat menyurat tapi sebaliknya administrasi pendidikan adalah segenap proses pengerahan dan pengintegrasian segala sesuatu atau potensi dalam suatu aktivitas kelembagaan, baik personal, spiritual dan material, yang bersangkutan denga pencapaian tujuan pendidikan.

Sedangkan yang membedakan administrasi pndidikan dengan administrasi lainnya adalah terletak pada prinsip-prinsip operasionalnya, dan bukan pada prinsip-prinsip operasional. Meskipun untuk memahami administrasi pendidikan  diperlukan pemahaman atau penguasaan, berarti bahwa pengetahuan administrasi lain dapat diterapkan didalam administrasi pendidikan karena prinsip operasionalnya berbeda.

  1. B. Fungsi – Fungsi Administrasi Pendidikan

Berikut akan diuraikan fungsi-fungsi administrasi pendidikan yang juga dapat implementasikan dalam kegiatan pendidikan yaitu perencanaan, pengorganisasian, penggerakkan, pengkoordinasian, pengarahan, dan pengawasan dalam konteks kegiatan lembaga pendidikan.

  1. Fungsi Perencanaan ( Planing)

Setiap program ataupun konsepsi memerlukan perencanaan terlebih dahulu sebelum dilaksanakan. Perencanaan merupakan salah satu syarat mutlak bagi setiap kegiatan administrasi. Tanpa perencanaan atau planing pelaksanaan suatu kegiatan akan mengalami kesulitan dan bahkan kegagalan dalam mencapai tujuan yang diinginkan. Perencanaan merupakan kegiatan yang harus dilakukan pada permulaan dan selama kegiatan administrasi berlangsung.

  1. Fungsi pengorganisasian

Diartikan sebagai kegiatan membagi tugas-tugas pada orang yang terlibat dalam kerja sama pendidikan. Salah satu prinsip pengorganisasian adalah terbaginya semua tugas dalam unsure organisasi secara proporsinal, dengan kata lain pengorganisasian yang efektif adalah membagi habis tugas kedalam sub-sub organisasi.

  1. Fungsi penggerakan ( actuating )

Menurut Terry (1977) berarti merangsang anggota-anggota kelompok melaksanakan tugas-tugas dengan antusias dan kemaun yang baik, kegiatan ini dilakukan oleh pemimpin.

  1. Fungsi pengkoordinasian

Yaitu mempersatukan rangkaian aktivitas penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran dengan menghubungkan, menyatu padukan dan menyelaraskan orang-orang dan pekarjaannya sehingga semuanya berlangsung secara tertib kea rah tercapainya maksud yang telah ditetapkan.

  1. Fungsi pengarahan (directing)

Nawawi ( 1989:36) mengemukakan directing adalah memelihara, menjaga dan memajukan organisasi melalui setiap personal, baik secara structural amupun fungsional, agar setiap kegiatannya tidak terlepas dari usaha mencapai tujuan.

  1. Fungsi pengawasan

Hadari nawawi (1989:43) menegaskan bahwa pegawasan dalam administrasi pendidikan berarti kegiatan mengukur tingkat efektivitas kerja personal dan tingkat efisiensi penggunaan metode dan alat tertentu dalam usaha mencapai tujuan.

  1. Ruang Lingkup Administrasi Pendidikan

Sagala (2005:19) menjelaskan cakupan administrasi pendidikan tidak hanya sekedar administrasi sekolah atau administrasi pembelajaran. Pandangan demikian adalah pandangan yang sempit. Administrasi pendidikan lebih luas dari itu, meskipun muara semua kebijakannya adalah sekolah atau satuan pendidikan pada semua jenjang dan jenis. Jadi administrasi pendidikan ada pada tataran pengambil kebijakan dan pada tataran satuan pendidikan.

Administrasi pendidikan pada tataran pemerintah baik pusat maupun daerah berkaitan dengan anggaran pendidikan, standar kurikulum, standar ketenagaan, akreditasi sekolah, dan pelayanan kebutuhan sekolah sebagai pendidikan formal maupun pendidikan non formal yaitu pendidikan luar sekolah serta pendidikan kedinasan. Administrasi pendidikan pada satuan pendidikan berkaitan dengan penerapan teori-teori pendidikan dalam pelayanan belajar, teknik-teknik konseling belajar, manajemen sekolah, dan semua kegiatan yang mendukung dan memperlancar aktivitas-aktivitas satuan pendidikan untuk mencapai tujuan.

D. Bidang Garapan Jurusan Administrasi Pendidikan

Lulusan jurusan administrasi pendidikan dapat ditempatkan untuk bekerja pada bidang-bidang tertentu pada instansi/ lembaga pendidikan diantaranya sebagai :

  1. Tenaga perencana pendidikan

Tenaga perencana pendidikan terutama di dinas pendidikan, baik pusat atau daerah, yaitu pada bagian perencanaan, perguruan tinggi negeri atau swasta dan instansi/lemabaga lain yang bergerak dalam dunia pendidikan. Adapun deskripsi pekerjaan seorang tenaga perencana adalah menyusun program, mengelola, mengorganisasi kegiatan, melakukan evaluasi program, monitoring dan mengendalikan kegiatan pada instansi yang bersangkutan.

  1. Tenaga pengelola pendidikan

Lulusan jurusan administrasi pendidikan sebagi pengelola pendidikan dapat bekerja sebagai tenaga pengelola pada instansi/lembaga pemerintah baik lingkungan pendidikan seperti dalam jajaran departemen kementrian pendidikan nasional, bagian kepegawaian,perlengkapan, bagian tata usaha, bidang dokumentasi, dikmenjur, bagian keuangan kantor, kantor dinas pendidikan tingkat provinsi/ kabupaten/ kota bisa disemua bagia, lingkungan perguruan tinggi, pemerintah daerah, diklat-diklat, dan swasta.

Deskripsi pekerjaan bagian pengelola pendidikan meliputi, merencanakan dan menyusun program kerja, mengelola dan mengorganisir kegiatan-kegiatan, melaksanakan kegiatan sesuai dengan bidang tugas masing-masing, melakukan evaluasi dan pengawasan terhadap tugas-tugas yang menjadi tanggung jawab masing-masing sehingga menunjang pelaksanaan tugas lembaga secara efektif dan efisien.

  1. Tenaga pengawa pendidikan

Tenaga pengawas pendidikan dapat bekerja pada jajaran departemen kementerian pendidikan nasional seperti inspektorat, dinas pendidikan tingkat provinsi, dan dinas pendidikan tingkat kabupaten/kota/kecamatan dan jajaran departemen agama dan instansi lain baik negeri ataupun swasta.

BAB III

PEMBAHASAN

A. Problematika Masa Depan Jurusan Administrasi Pendidikan

Setiap ada penerimaan CPNS baru di suatu lembaga atau instansi, yang pertama penulis cari adalah apakah ada lowongan untuk alumni atau tamatan jurusan Administrasi Pendidikan. Namun begitu selesai penulis membaca tidak satupun penulis menemukan formasi untuk mahasiswa yang berijasah administrasi pendidikan. Penulis benar-benar kecewa karena dari beberapa instansi yang membuka lowongan untuk CPNS tidak satupun yang menerima lulusan jurusan Administrasi Pendidikan.

Inilah inti dari permasalahan jurusan Administrasi Pendidikan saat ini, kita masih menunggu apa sebenarnya pekerjaan yang cocok untuk jurusan adaministrsi pendidikan, namun demikan dari berbagai informasi yang kami peroleh dari ketua jurusan, alumni dan mata kuliah yang dipelajari dapat ditarik kesimpulan bahwa lulusan jurusan administrasi pendidikan nantinya akan dipersiapkan untuk menjadi :

  1. Tenaga administrasi sekolah, staff TU
  2. Pegawai kantoran, dinas pendidikan, instansi negeri atau swasta
  3. Guru SMK Manajemen bisnis

10

Namun demikian sebenarnya jurusan administrasi pendidikan bisa bekerja dimana saja, ini dikarenakan karena ilmu yang dipelajari dalam jurusan ini adalah ilmu manajemen yang mana ilmu manajemen sangat dibutuhkan oleh semua lembaga baik negeri ataupun swasta.

Kami menyarankan pada saudara-saudara yang sudah patah semangat dengan jurusan ini, tetaplah tegar dan buktikan kalau jurusan kita adalah yang terbaik, satukan tekan dan rapatkan barisan kita pasti bisa. Ini adalah awal untuk kebangkitan kita bukan akhir. Akhir kata kami menghimbau saudara sekalian jadilah pencipta lapangan pekerjaan jangan menjadi pencari kerja. Tetapalah berkarya dan belajar karena seperti pribahasa mengatakan dimana ada kemauan disana pasti ada  jalan.

B. Secercah Harapan Bagi Lulusan Jurusan Administrasi Pendidikan

Permasalahan diatas akan terjawab dengan adanya sebuah kebijakan yang dapat menjadikan jurusan administrasi pendidikan di kenal oleh masyarakat banyak dan memiliki prospek kerja yang jelas, dengan demikian akan mendapatkan respon positif dari mahasiswa administrasi pendidikan itu sendiri. Dibalik semua ini akan berpedoman kepada Permendiknas No. 24 tahun 2008 tentang Standar Tenaga Administrasi Sekolah/Madrasah.

Dengan keluarnya Permen tersebut, akan memberikan dampak positif kepada argument mahasiswa sebelumnya yang mengatakan ketidak jelasan dari jurusan administrasi pendidikan dan prospek kerjanya. Berdasarkan Permen tersebut arah jurusan administrasi pendidikan lebih tampak jelas. Bahwa sebagai tenaga administrasi sekolah benarlah orang-orang yang memiliki background dari administrasi pendidikan. Misalnya untuk menjadi seorang kepala administrasi SMA/SMK/MA/SMALB haruslah seseorang yang berpendidikan S1 program studi administrasi pendidikan, hal ini tercantum dalam lampiran Permen tersebut.

Disamping itu, untuk lebih dikenali jurusan administrasi pendidikan perlu diadakan sosialisasi kepada masyarakat tentang jurusan ini, dan kegiatan atau ikatan iluni administrasi pendidikan agar lebih ditingkatkan. Dengan demikian prospek kerja bagi jurusan administrasi pendidikan akan lebih tampak jelas. Tidak lupa pula diperlukan kesadaran dan optimisme dari setiap mahasiswa terhadap jurusan administrasi pendidikan. Janganlah memandang jurusan ini dengan sebelah mata, sesungguhnya jurusan administrasi pendidikan memiliki peranan penting dalam kemajuan pendidikan khususnya dalam bidang pengelolaan pendidikan.

 

 

 

 

BAB IV

PENUTUP

  1. A. Kesimpulan

Jurusan administrasi pendidikan adalah suatu jurusan yang mempersiapkan lulusannya untuk memiliki Kompetensi sebagai berikut :

  1. Menguasai konsep dan teori tentang manajemen pendidikan yang meliputi fungsi dan bidang garapan serta mampu menerapkannya dalam praktek manajemen pendidikan
  2. Menguasai konsep dan teori pendidikan dan pengajaran serta mampu melaksanakan proses pendidikan dan pengajaran
  3. Menguasai konsep dan teori karya ilmiah dan mampu menghasilkan karya ilmiah di bidang manajemen pendidikan
  4. Mampu memahami dan hidup bermasyarakat
  5. Mampu berperilaku yang sesuai dengan nilai-nilai dan norma-norma agama yang dianutnya,
  6. Mampu menggunakan teknologi dalam praktek manajemen pendidikan
  7. Mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan dan perubahan dalam bidang manajemen pendidikan
  8. Memiliki wawasan kewirausahaan dan
  9. Mampu mengolah dan menganalisis data.

 

  1. B. Saran-saran

Menyikapi akan keraguan mahasiswa akan jurusan ini, perlu penulis tegaskan bahwa tidak ada satupun jurusan yang bisa menjamin seseorang untuk mendapatkan pekerjaan. Artinya sebagus apapun jurusan, tidak akan menentukan, diera globalisasi ini yang sangat dituntut dari seorang lulusan akademisi adalah kompetensi yang dia miliki bukan dia lulusan apa. Jadi penulis menyarankan dan menghimbau kepada seluruh mahasiswa jurusan administrsi pendidikan untuk tidak ragu dan malu dengan jurusan ini tetaplah belajar dengan giat dan tingkatkan kompetensi dalam diri kita sehingga dengan demikian setelah kita lulus kita bisa membawa ijazah yang kita miliki kelembaga yang kita inginkan.

Selanjutnya kepada pihak yang memiliki power dengan jurusan administrasi pendidikan, penulis berharap untuk lebih gencar dalam hal sosialisasi kepada pemerintah dan masyarakat, berupa seminar nasional, bakti sosial mahasiswa dan lain sebagainya, penulis berharap dengan adanya kegiatan tersebut akan membuka mata pemerintah dan masyarakat terhadap jurusan administrasi pendidikan.

 

 

 

 

About these ads

18 Tanggapan

  1. Thanks banget ya….
    udah membuat artikel ini..
    saya sangat tertarik dengan isi nya..

    saya juga salah satu mahasiswa jurusan administrasi pendidikan d UIN susqa riau, yang mengalami kesulitan dgn jurusan saya sendiri..
    karna saya bingung nantinya akan bekerja di mana.
    tetapi setelah saya membaca artikel ini
    alhamdulillah…saya yakin mudah2n saya tidak pilih jurusan,
    walo pun orang2 memandang jurusan ini sebelah mata.

    thank’s ya…
    semoga bermanfaat buat kita semua.

  2. tapi mang betul, cari kerja dari lulusan ini memang sulit dari sejak saya kuliah dibahas prospek melulu tanpa tau secara gambalng realisasinya. hidup adalah kenyataan bukan sekedar harapan.

  3. Saya mahasiswa jurusan Administrasi Universitas Gresik.Mohon ada peluang mengikuti tes CPNS 2012 Untuk lulusan S1 Administrasi Pendidikan, Mengingat banyak pegawai Tata Usaha yang sudah memasuki masa purna di tahun 2012.

  4. Tak ada yg tak mungkin, waktu kuliah dulu temen2 saya juga beranggapan demikian, yg membuat mereka malas2an masuk kuliah, kalau saya Alhamdulillah selalu optimis ikhtiar, ALhasil begitu wisuda pemda buka kesempatan pengangkatan Cpns jurusan adm pendidikan Jadi….teruslah semangat Tuhan tau apa yg terbaik untuk kita

    • maaf kakak,salam kenal kakak nama aku meli, meli juga bru masuk adm pndidikan unp ,awal nya sih meli goyang pikiran, soal lihat komen2 orng yang negatif tentang adm penmdidikan kakak , tpi lihat kesukses san kakak melli jadi semngat , meli boleh tukar pikiran ama kakak gk kalau boleh no hp meli ini kakak 083182151655 maaf ya kakak kalau meli ngasih no dulu an . maaf sekali lagi ya kakak,

  5. Hai, boz, aku mau izin copy artikel ini boleh tidak?

  6. trimakasih artikelnya membuat saya bersemangat lg untuk trs berusaha mendapat pekerjaan sesuai dgn cita-cita sy semula

  7. hebat mu….qm bisa bikin orang jd smangat

  8. saya mahasiswa baru AP Sya jjrkmren tkut dgn menjalani jrusan ini 3thun k dpn tpi sia”….tpi .mdah”an sja ini jrusan jlan buat aku tuk mnggapai k suksesan ……..amin ya allah

  9. brita yg bagus bagi saya sbagai jurusan adm. Pndidikan, saya brharap lulusan ini dapat difungsikan di instansi pemerintah,

    • iya kita sadar jurusan ini sangat lah penting di dunia pendidikan, sekarang pendidikan di negara kita masih sangat ketinggalan n jurusan kita adalah salah 1 jawaban untuk memajukan pendidikan tpi knpa di tahun ini saja tidak ada dari sabang sampai merauke formasi CPNS untuk jurusan kita tidak ada di buka kenapa itu, ada apa ini….?

  10. mesti bangga jadi mahasiawa ap atau alumni ap, paling tidak ilmunya sangat bermanfaat di masyarakat. sy sudah hampir satu tahun selesai dr kampus, alhamdulillah dg ilmu dr jurusan ap kita bisa berdialektika di masyarakat. solusinya u soal formasi, coba kawan2 bngun komunikasi dg pemerintahnya, minta dibukakan ruang utuk ap n pola2 itu yg biasa kami pakai. thanks..

  11. salam saya rose drai aceh, saya baru mau kuliah jurusan administrasi pendidikan,,,, tapi langkah dan hati saya belum sinkron antara ia atau tidak, tapi saat ni selain jurusan administrasi pendidikan saya blum ada pilihan ke dua utk lanjutin S2 saya, ,,, mohon arahan dan bimbingan anda terhadap masalah saya, makasih

    • mengambil jurusan administrasi pendidikan bagi orang yang bercita-cita tinggi sangat tepat….arahannya karirnya tentu tidak sebagai pengajar ditingkat sekolah menengah (SMP dan SMA), kecuali bagian TU, kurikulum atau bagian kependidikan lainnya hingga ke tingkat diknas. jika cita-citanya jadi dosen sudah pasti ambil s2 yang linear. jika ingin punya lembaga pendidikan sendiri….jurusan ini sangat tepat, jangan ragu, tidak ada jurusan yang salah, selama ditekuni dengan baik…propspeknya pasti luas

  12. saya masih sedikit ragu dengan jurusan ini.. tapi saya berharap ketika saya wisuda nanti banyak peluang untuk administrasi pendidikan ini :) Aamiin

  13. apapun jurusannya……yang penting kita berjalan di keahlian kita masing-masing…..karena itu lah yang di perintahkan Allah swt. percayalah,semua akan mudah dan indah saat ilmu allah tlah kita raih.

  14. administrasi pendidikan program kerja kaya gmnana

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: